Minggu, 07 Januari 2007

Tahap Pralelang
Tahap ini merupakan tahapan awal yang akan menentukan seluruh rangkaian lelang. Pemenuhan hal – hal terkait prosedur dan persyaratan yang perlu ditaati, sehingga hambatan yang akan ditemui pada tahap berikutnya dapat diminimalisir. Adaun hal - hal yang perlu diperhatikan oleh Penjual/Pemohon Lelang dan Pejabat Lelang terkait dengan tahapan pralelang,antara lain:
- Dokumen Persyaratan dan Kelengkapan
- Pengumuman Lelang
- Uang Jaminan
- Nilai Limit
- Legalitas Formal Objek dan Subjek Lelang
 
Tahap Pelaksanaan Lelang
Setelah seluruh prosedur dalam tahap pralelang telah dipenuhi, maka tahap selanjutnya adalah tahap pelaksanaan lelang. Tahap ini berhubungan dengan segala sesuatu pada saat transaksi lelang berlangsung. Dimana Peran Pejabat Lelang sebagai pemimpin lelang sangat diperlukan guna mengawal agar lelang berlangsung tertib, aman, transparan, dan sesuai dengan prinsip serta asas lelang yang berlaku. Adapun hal – hal yang perlu diperhatikan dalam tahap ini, antara lain:
- Cara Penawaran
- Penentuan Pemenang Lelang
- Pembatalan Lelang
 
Tahap Pasca Lelang
Tahap akhir dalam seluruh rangkaian lelang adalah tahap pascalelang. Tahap ini fokus kepada output dan produk dari pada proses lelang itu sendiri, yaitu pemindahtanganan hak atas barang dan Risalah Lelang. Tahap pascalelang utamanya adalah adanya kemungkinan kesalahan prosedur dan legalitas hukum terkait dengan pelaksanaan lelang yang telah dilakukan. Di bawah ini adalah hal – hal terkait tahap pascalelang, antara lain:
- Pelunasan Kewajiban Lelang
- Pengembalian Uang Jaminan
- Risalah Lelang
- Gugatan Hukum terkait Pelaksanaan Lelang
- Pembeli Wanprestasi