Selasa, 10 Juni 2014

Ambon- “Profesionalisme Pejabat Lelang harus terus ditingkatkan”, ujar Kepala Kanwil DJKN Papua dan Maluku T. Agus Priyo dalam sambutannya dalam acara pembinaan Pejabat Lelang (PL) Kelas 1 dan Sosialiasi Peraturan Menteri Keuangan (PMK)Nomor 106/PMK.06/2013 tentang Perubahan Atas PMK No.93/2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang di Aula KPKNL Ambon, Rabu 5 Maret 2014. Dalam acara ini juga hadir Kepala Bidang Lelang Kanwil Papua dan Maluku Widodo serta seluruh Kepala Seksi Pelayanan Lelang dan Pejabat Lelang di lingkup Kanwil Papua dan Maluku.

Dalam sambutannya T. Agus menyampaikan bahwa masih banyak temuan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan (Itjen Kemenkeu) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) karena ketidaktelitian dan kecermatan Pejabat Lelang. Oleh karena itu ia mengharapkan Ketentuan-ketentuan terkait pelaksanaan lelang benar-benar ditaati. Jika ada masalah diharapkan berkonsultasi dengan Kantor wilayah.  Kakanwil mengingatkan agar Kepala Seksi Lelang dan Kepala Kantor dapat membimbing Pejabat Lelang. Terakhir T. Agus mengharapkan adanya sharing knowledge antar Pejabat Lelang di Kanwil DJKN Papua dan Maluku.

Setelah itu Kepala Bidang Lelang Widodo memberikan sosialiasi PMK No.106/PMK.06/2013 tentang Perubahan Atas PMK No.93/2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang. Widodo memaparkan beberapa pasal perubahan yang perlu mendapat perhatian. Ia juga memaparkan evaluasi atas Hasil Audit Complience Itjen Kemenkeu dan pemeriksaan BPK. Ada 8 hal yang sering menjadi temuan Tim Pemeriksa Itjen/BPK,  salah satunya yaitu ketidakcermatan/ketidaktelitian Pejabat Lelang serta Pejabat Lelang kurang memahami ketentuan yang berlaku khususnya yang terkait pelaksanaan lelang dan konsekuensinya . Ia mengingatkan bahwa tanggung jawab Pejabat Lelang dikarenakan ia mengeluarkan produk hukum, oleh karena itu diminta sangat hati-hati untuk menghindari masalah hukum atau gugatan yang mungkin terjadi ke depan. Acara diteruskan dengan sesi tanya jawab. Acara berlangsung dengan menarik, karena setiap pejabat lelang mengutarakan permasalahan yang terjadi. Di akhir acara Kepala Bidang Lelang Widodo mengingatkan “Pejabat Lelang jangan mau di intervensi oleh siapapun”, ujarnya. (Angga/KPKNL Ambon)

0 komentar: