Selasa, 10 Juni 2014

Ambon- Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN)  Papua dan Maluku T. Agus Priyo Waluyo melantik Vertji Jochet Mantayborbir sebagai pejabat lelang kelas II pada 13 Mei 2014 di Aula Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Ambon. Acara ini dihadiri oleh Kepala Bidang Lelang, Kepala Bagian Umum Kanwil DJKN Papua dan Maluku, Kepala KPKNL Ambon, dan pejabat eselon 4 di KPKNL Ambon.

Pelantikan pejabat lelang kelas II ini untuk lebih mensosialisasikan dan memasyarakatkan lelang yang merupakan salah satu tugas dan fungsi DJKN.

Hasil lelang merupakan salah satu ujung tombak dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Adapun pelaksanaan lelang dijalankan oleh kantor operasional di bawahnya yaitu KPKNL seluruh Indonesia dan dilaksanakan oleh pejabat lelang kelas I. Selain pejabat lelang kelas I, di pertengahan tahun 2014 ini akhirnya Provinsi Maluku memiliki pejabat lelang kelas II. ”Semoga dengan hadirnya pejabat lelang kelas II ini dapat menyadarkan masyarakat Maluku untuk lebih mengenal lelang dan mau menjual barangnya melalui lelang,” ujar Tugas Agus dalam sambutannya.

Tugas Agus mengingatkan bahwa menjadi kebanggan tersendiri jika pejabat lelang kelas II dapat menggali potensi lelang di wilayah Provinsi Maluku. Pejabat lelang kelas II tersebut merupakan anak dari salah satu mantan pejabat di DJKN yang bernama Mantayborbir. Pelantikan ini juga diliput oleh surat kabar harian setempat. Usai pelantikan pejabat lelang kelas II diteruskan dengan pengambilan sumpah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang baru ditempatkan di KPKNL Ambon Erwandi Sembiring. Kakanwil berpesan agar benar-benar PNS yang baru saja dilantik menjalankan tugas sesuai dengan sumpahnya dan tidak melupakan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan. “Sumpah itu membawa nama Tuhan jadi jangan dianggap enteng,” ujarnya menasehati.

Di tempat yang sama, kakanwil juga memberikan briefing kepada semua pegawai di KPKNL Ambon. Ia menyampaikan bahwa Nilai Kinerja Organisasi (NKO) di lingkup Kantor Wilayah DJKN Papua dan Maluku semuanya di atas 100 %. Ia menhharapkan tahun 2014 ini dapat ditingkatkan. “Satu persen saja asal itu peningkatan tidak jadi masalah, jangan sampai turun,” pesan Kakanwil. Dirinya juga memberikan kesempatan untuk tanya jawab maupun sharing kepeda semua pegawai. Acara briefing ini merupakan kesekian kalinya Kakanwil DJKN Papua dan Maluku menyempatkan datang ke KPKNL Ambon. Meskipun terpisah jarak yang cukup jauh dengan waktu perjalanan yang melelahkan, kakanwil tetap semangat memberikan arahan. (Angga-KPKNL Ambon/edited/bas)

0 komentar: